Biografi Jim Supangkat

Jim Supangkat



            Jim Supangkat lahir di Makassar, 2 Mei 1949. Ia adalah sosok pematung Indonesia, kritikus seni dan kurator. Ia menghabiskan seni rupa Indonesia di peta internasional, yang pada waktu itu di luar negeri hampir tidak ada ketenaran. Ia mendirikan beberapa forum Asia Tenggara seni daerah.

·      Karir

Supangkat dipelajari dari 1970 ke fakultas seni rupa dan desain dari Institut Teknologi Bandung. Di sini ia belajar di bawah estetika lebih dengan Dick Hartoko. Ia lulus di sana pada tahun 1975.

            Supangkat awalnya memulai karirnya sebagai pematung dan mendirikan tahun yang sama, pada tahun 1975, Gerakan Seni Rupa Baru (Indonesia Baru Gerakan Seni Rupa) di. Gerakan seni, ia mengumumkan kursus baru untuk seni di Indonesia dengan pencitraan Soekarno undervalued tahu. Gerakan ini menyebabkan perdebatan, tahun independen teoritis tentang seni dan saat ini dianggap sebagai awal dari kritik seni modern di Indonesia.





            Tahun perdebatan dengan membawa kesadaran akan kebutuhan conservatorship profesional di Indonesia. Pada tahun 1992 ia memutuskan pekerjaannya sebagai pembicara dan artis untuk menyerang dan untuk mengatur pameran. Antara 1992 dan 2000 ia menyelenggarakan berbagai pameran seni kontemporer di Asia, termasuk:

    
        1995 : Seni Kontemporer Non-Blok Negara
    
        2003 : CP Biennale Saya
    
        2005 : CP Biennale II

            Dia juga terorganisir dan dikuratori pameran di San Francisco (1991), Amsterdam (Old Church, 1993), Johannesburg (1995) dan Brisbane (1996).

            Ia juga menulis beberapa buku dan beberapa esai dan publikasi lainnya bahwa seni Asia dan khususnya di Indonesia di peta dunia. Ini dia membantu bagi banyak seniman di Indonesia. Pada tahun 1997 ia diganjar dengan Penghargaan Prince Claus.
Beberapa buku yang di tulis Jim Supangkat :

• Provocative Bodies: Interpreting the Works of Mochtar Apin, 1990–1993 (2005)

• Ikatan Silang Budaya: Seni Serat Biranul Anas (2006, ditulis bersama Rizki Akhmad Zaelani)

• Qi Zhilong 1992–2009 (2009, bersama Li Xianting long)



            Ini adalah karya Seni lukisan yang di buat oleh Jim Supangkat
               





        
    
      

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

aurajuaradesigns mengatakan...

data lukisan kelihatannya salah

Unknown mengatakan...

apa saja ni judul karya lukis jim supangkat???
beri balasan atu penjelasan dong?????

Unknown mengatakan...

Penjelasan tentang lukisannya..

Posting Komentar